Sejak bertranformasi menjadi satu satunya Universitas Islam Negeri di Nusa Tenggara Barat, UIN Mataram semakin memantabkan langkah kedudukannya sebagai Universitas khususnya dalam pengabdiannya kepada masyarakat sebagai salah satu bagian dari tri dharma perguruan tinggi. Wujud dari pengabdian ini salah satunya bergerak dalam Kuliah Kerja Partisipatif (KKP) Mahasiswa UIN Mataram.

Istilah Kuliah Kerja Partisipatif (KKP) sendiri merupakan wujud dari perubahan paradigma pola konvensional dimana pada awalnya masyarakat dianggap sebagai subyek yang statis bergeser kearah tranformasi sosial dengan mengedepankan aspek paradigmatik melalui pendekatan metodelogis. Jika dikaitkan dengan semakin gencarnya arus perubahan di tengah masyarakat yang sejalan dengan semangat reformasi yang sedang dan terus bergulir, maka Partisipatif adalah salah satu jawaban terbaik yang mampu melibatkan masyarakat sebagai pemeran aktif yang mampu melakukan perubahan.

Wujud pergerakan kebutuan masyarakat yang terus berkembang dan sejalan dengan kemajaun zaman yang tidak mengenal batas ruang dan waktu serta batas demografis, UIN Mataram pada tahun 2019 melebarkan sayap pengabdiannya. Salah satunya adalah dengan memperluas jangkauan pengabdian nya kepada masyarakat. Pada tahun 2019, UIN Mataram menjangkau Pulau Sumbawa sebagai sasaran KKP. Pada tahun sebelumnya, KKP UIN Mataram dominan dilakukan di-empat kabupaten pulau Lombok. Kini Pelaksanaannya mencangkup Pulau Sumbawa. Tidak tanggung-tanggung, UIN Mataram merencanakan mengirim 120 Mahasiswa dan mahasiswinya di-dua Kecamatan yang disebar didelapan desa. Diantaranya adalah Desa Buin Baru, Desa Tarusa, Desa Pulau Kaung, Desa Labuhan Burung Kecamatan Buer serta Desa Bale Brang, Desa Labuan Bajo, Desa Pukat dan Desa Sabedo Kecamatan Utan Kabupaten Sumbawa.

Wujud dari keseriusan UIN Mataram dalam melebarkan sayapnya diawali dengan silaturrahmi dan sosialisasi penjajakan kerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa yang berlokasi di Kantor Bupati Kabupaten Sumbawa pada tanggal 23 April 2019, dan Kecamatan Utan serta Kecamatan Buer pada tanggal 24 April 2019.

Kedepannya, pemerintah daerah kabupaten Sumbawa berharap UIN Mataram lebih meluaskan lagi sayap dan bentuk kerjasamanya dengan Pemerintah Daerah dengan mengirim jumlah mahasiswa dalam kuantitas yang lebih banyak dan mencangkup lokasi yang lebih luas lagi.